Kamis, 24 Desember 2015

PERANAN TEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER INFORMASI ANAK




Teknologi Informasi merupakan istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, dan menyebarkan informasi . Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat , dimulai dari zaman dahulu hingga sekarang, terutama teknologi informasi yang membawa perubahan yang sangat besar  di dalam bidang pendidikan dan sebagai informasi.

Semakin canggihnya dunia teknologi maka akan semakin canggih pula orang menyampaikan informasi. Dari adanya buku, hingga adanya mesin cetak , munculah komputer dan lainnya yang memudahkan dalam mengakses suatu informasi. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon , bahkan internet memudahkan anak mengetahui segala informasi yang ada , segala informasi yang bernilai positif maupun negatif dapat dengan mudah diakses oleh anak.

Televisi memeran peran yang penting , karena anak anak sangat suka menonton, banyak acara acara tv yang dapat mempengaruhi daya motorik anak sehingga lebih kreatif dalam kehidupannya . Banyak informasi yang didapat oleh anak anak dengan menonton televisi, Selain Televisi , internet pun menjadi salah satu informasi terbesar anak yang dapat menggunakannya , dalam penggunan internet setiap informasi sangat mudah diakses, banyak nya aplikasi aplikasi yang membuat anak mudah mempelajari suatu mata pelajaran contoh nya pada pelajaran matematika , banyak aplikasi yang membantu anak agak lebih paham dalam menghitung , membuat anak semangat belajar dan memberikan efek yang sangat besar.

Teknologi komunikasi dan informasi akan mempengaruhi semua orang yang menggunakannya , terutama anak anak yang memiliki rasa keingin tahuan yang sangat besar terhadap apapun.

Anak cenderung ingin mengetahui segala hal, dan terkadang anak anak menggunakan teknologi untuk mencari tahu apa yang diinginkannya , selain kepada orang tua anak anak akan cenderung bertanya kepada teknologinya misalnya komputer pada Google dan lainnya.Teknologi sebagai sumber informasi anak, karena informasi yang di dapatkan pada teknologi cenderung sangat besar , informasi yang pada awalnya sulit diakses dengan teknologi akan mudah untuk diakses,  tanpa adanya teknologi anak akan sulit mencari informasi khususnya terkait dengan pelajaran, karena teknologi ini pun mempermudah dalam pembelajaran dimana anak dapat dengan mudah mendapat informasi melalui teknologi.

Namun , perkembangan teknologi dan pembangunan yang semakin pesat dari tahun ketahunnya juga harus membuat para orang tua waspada, dan orang tua harus menyesuaikan perkembangan anak terhadap teknologi yang digunakan. Jangan sampai anak kelewatan menggunakan teknologi ini, tetap jadikan orangtua sebagai sumber informasi pertama . Banyak contoh anak yang sejak dini sudah di berikan gadjet mahal yang hanya menghabiskan waktunya dan membuat aktifitas nya diluar rumah berkurang , sehingga anak akan mengalami ketergantungan terhadap teknologi yang digunakannya dan kesadaran terhadap lingkungannya pun akan semakin menghilang . Perkembangan teknologi memang tidak bisa dicegah dan dihindari , namun penggunaan yang tepat akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan lebih maju.



Nama : Bella Dwi Lestari
Npm : 1411050024
Jurusan : Pendidikan matematika
Kelas A semester 3
Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar