Jumat, 08 Januari 2016

Laporan Hasil Observasi

LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG

Dosen Pengampu : Budy Sugandi, M.Ed. 
DISUSUN OLEH :
1.      NAMA  : Bella Dwi Lestari
NPM      : 1411050024
2.      NAMA  : Intan Kurniasari
NPM      : 1411050312
                                     







FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
RADEN INTAN LAMPUNG
 2015



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah masalah yang sangat penting bagi setiap negara, karena pendidikan merupakan suatu proses yang dapat menghasilkan perubahan, perkembangan, kemampuan seseorang dalam membuktikan rasa percaya diri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kuantitatif.
Belajar merupakan suatu proses yang kompleks, karena dipengaruhi oleh banyak hal, apabila hal-hal yang mempengaruhi tidak diperhatikan, maka akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya. Terutama dalam pelajaran Matematika, siswa banyak mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika , Semua kesulitan-kesulitan yang dialami siswa tersebut akan menyebabkan rendahnya prestasi belajar, bahkan akan membuat siswa mengalami kegagalan dalam studinya.
Dalam proses belajar situasi dan kondisi siswa akan sangat mempengaruhi dan menentukan aktifitas yang akan dilakukan dalam belajar. Proses belajar mengajar pada intinya tertumpu pada suatu persoalan yaitu bagaimana pengajar memberi kemungkinan agar terjadi proses belajar mengajar yang efektif atau dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan sebelumnya.
Namun kenyataan yang ada masih banyak ditemukan siswa yang malas belajar, tidak menyukai pelajaran matematika. siswa yang kurang menyenangi pelajaran, tidak punya perhatian sama sekali terhadap sesuatu yang akan dipelajari, tugas sekolah dijadikan beban, hasil belajar hanya untuk naik kelas dan lulus dari sekolah.  Di sini kami dari kelompok 14 selaku peneliti telah mengadakan penelitian di SMP PGRI 6 Bandar Lampungpada kelas IX (sembilan)




B.     Tujuan
Tujuan yang yang ingin dicapai dari pengamatan atau survey lapangan ini adalahmengetahui seberapa besar minat siswa siswi SMP PGRI 6 terhadap pelajaran Matematika  serta melakukan observasi, pengamatan langsung pada objek untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi siswa.

C.    Manfaat
a.       Memberikan kesempatan kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang dihadapi oleh anak SMP terkait pelajaran matematika
b.      Sebagai pedoman untuk pembelajaran.
c.       Memberikan gambaran tentang masalah yang dihadapi siswa siswimengenai pelajaran matematika
d.      Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan pendidikan














BAB II
HASIL PENGAMATAN

A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah             : SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG
NSS                             : 202126002075
NPSN                          : 10807170
ALAMAT
Jalan                            : Jl.Letkol H. Endro Suratmin No.33
Kelurahan                    : Way dadi
Kecamatan                  : Sukarame
Kota                            : Bandar Lampung
Kode Pos                    : 35131
Nomor Telpon             : 0721701220
E-mail                          : smppgri6_bl@yahoo.co.id

Visi :
Berprestasi berdasarkan IMTAQ dengan lingkungan yang sehat dan berbudi pekerti luhur dan menjadi pilihan masyarakat
Misi :
1.      Melaksanakan KBM secara Efektif
2.      Meningkatkan kompetensi dan Profesionalisme guru
3.      Memanfaatkan sumber belajar secara optimal
4.      Meningkatkan kegiatan ekskul Olahraga & Seni yang inovatif dengan potensi yang ada
5.      Peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris Aktif
6.      Melaksanakan 7K untuk mewujudkan sekolah sehat yang melibatkan seluruh warga sekolah
7.      Melaksanakan tata tertib secara efektif
8.      Meningkatkan penghayatan dan pengamalan terhadap Ajaran Agama yang dianut dan diyakini sesuai dengan pancasila & UUD 1945
Motto Sekolah
Dengan semangat kebersamaan dan kreatifitas, kita tingkatkan prestasi SMP PGRI 6 Bandar Lampung


B.      Kegiatan Observasi di SMP PGRI 6 Bandar Lampung
Penelitian ke SMP PGRI 6 Bandar Lampungdilakukan pada tanggal 30November  2015, pukul 11.00 WIB. Dilakukan wawancara kepada 10 orang siswa/siswi SMP PGRI 6 Bandar Lampung.Data diperoleh dengan menggunakan observasi dan wawancara.Hasil wawancara yang kami lakukan terhadap siswa siswi digolongkan kurang baik karena kebanyakan mereka tidak menyukai pelajaran matematika.dikarenakan siswa sulit memahami pelajaran matematika, dan guru yang mengajar pun tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Hasil Wawancara Siswa SiswiSMP PGRI 6 Bandar Lampung
1.      Nama : Artati Anggita P
Kelas :  IX F
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
Biasa saja, karna kalo bangun ruang itu susah statistic mudah jadi kadang menyenangkan kadang tidak
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?
statistic, karena lebih mudah dan lebih simple

3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
saat guru menjelaskan kadang tidak masuk akal membingungkan
4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
Tidak dibeda-bedakan semua sama saja

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
Terkadang sulit dimengerti, hanya mencontoh di LKS, contoh di lks kan berbeda dengan pertanyaan gitu jadi sulitnya disitu. Kalau mudahnya kalau ketemu soal  yang sama dengan LKS  mudah nyari rumusnya.

6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

Jika pelajarannya sulit kadang belajar kelompok

7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?


ingin, tapi nggak mendalami banget
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?

kadang naik kadang turun.
9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
Kalau nilai sudah mencapai KKM sudah memuaskan tapi mau lebih ditingkatkan lagi.

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

Menjelaskan lebih mendetail dan  lebih jelas.  







2.      Nama : Riski Aryun Saputra
Kelas :  IX E
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
Gak suka sih mba, soalnya rumitpelajaran Mtk itu
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?
Statistika, karena mudah pengoprasiannya

3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
Rumusnya, ribet, sama pembagian gak bisa

4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
Kalau nerangin yang bisa bisa aja, kalau murid yang gak bisa di biarin aja , mau main ,mau dia ribut dikelas , dibiarin

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
Standar, dia nerangin yang bisa aja , jadi yang bisa bisa aja di terangin , yang gak isa dibiarin aja
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?


Kerja kelompok doang , itu juga jarang
7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?


Ingin sih mba, walaupun sulit , karena masa yang lain bisa saya nggak bisa

8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?

Kadang turun kadang naik , kayak diagram batang

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?

Belum mba, pengen lebih tinggi lagi.

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?


Pengennya, kami pengen bisa semua , yang gak bisa jadi bisa , yang bisa jadi tambah bisa.



3.      Nama : Dimas Dwi Prasetyo
Kelas : XI D
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?

Sebenarnya tidak terlalu menyukai matematika, karena itu menyangkut hitung hitungan

2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?

Peluang, karena mudah dimengerti , dan bisa dimengerti dengan mudah

3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?

Menghitung Bangun ruang susah
4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
Yang paling pintar paling diutamakan dari pada yang tidak mengerti, makannya itu yang tidak mengerti dia tertinggal dari yang mengerti
5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?

Sedikit kurang jelas karena saat menerangkan tidak terlalu rinci, jadi hanya menjelaskan sebentar langsung soal, langsung soal trus kumpul, jadi mencernanya kurang

6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?



Kerja kelompok
7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?


Ingin, karena saya ingin lebih mengerti dan ingin berkembang dalam bidang matematika
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?

Stabil
9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?


Belum, karena ingin lebih meningkatkan lagi
10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?


Lebih menjelaskannya lebih rinci , lebih mendalami lagi bidang matematika nya itu



4.      Nama : Suhantoro
Kelas :  XI A
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?

Suka mba, karena itu pelajaran menghitung mba
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?

Peluang , karena rumus nya mudah dimengerti mba
3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?

Mengingat rumus, karena rumusnya banyak bener lah mba

4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
Yang diperhatiin itu yang pinter pinter aja mba, kalau yang bodoh bodoh itu kalo misalnya ribut dibiarin aja
5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?

Kurang jelas
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

Bimbel , kerja kelompok jarang

7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?


Ingin mba, tapi ya kayakmana gitu lah susah
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?


Kadang naik kadang turun

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?

Belum mba,

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?


Sebaiknya guru nya tidak sulit menerangkan , tidak asal menerangkan








5.      Nama : Ulan Noprima
Kelas :  IX A
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?

Biasa aja sih , tergantung sama  gurunya , kalo gurunya enak ya suka kalau gurunya gak enak gak terlalu suka

2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?


Statistik
3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
Susah mengingat rumus, guru menjelaskan berbelit belit, kadang gak bisa dingertiin kalo dia ngejelasin

4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
Gak sih, disamain gak ada yang dibeda bedain

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?


Kadang gak jelas mba
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

Paling cuman kerja kelompok sama teman teman

7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?

Ya mau sih, soalnya kan matematika itu sampai kapan pun bisa di bawa jadi pingin lah ngedalamin banget

8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?
Ya stabil aja sih gak turun gak naik

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
Belum puas karena pingin ningkatin lagi nilai nya

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

Ya kalo ngejelasin itu jangan berbelit belit, jangan muter muter, kalo ngejelasin itu yang asik


6.      Nama : Ade Irna Saharani
Kelas :  IX B
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?

Sedkit suka, kalo misalnya gurunya baik ya suka

2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?

Statistik sama peluang

3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?

Kesulitannya tentang menghitung agak sedikit sulit, rumusnya ada yang lupa

4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?

Gak sih malahan yang lebih tidak ahli dalam bidang matematika lebih didahuluin sama gurunya


5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?


Kadang suka ribet ngejelasinnya.

6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?


Paling ya kerja kelompok gitu gitu doang

7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?


Pingin, karena matematika itu pasti ada dalam pelajaran apapun ada matematika

8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?


Stabil gak naik gak turun

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
Belum, karena saya mau lebih ningkatin nilai saya lagi


10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

Harapannya, gurunya ngajarinnya lebih jelas , lebh mudah dimengerti kadang berbelit belit









7.      Nama : Elsa Amanda Resti
Kelas : XI G
No
Pertanyaan
Jawaban

1
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
sebenarnya sih gak suka karena gurunya menerangkan selalu melihat LKS jadi kami tidak mengerti dengan apa yang disampaikan nggak pernah dijelaskan menurut gurunya sendiri dan tidak diberi contoh-contohnya misalnya kan cara cepatnya itu seperti apa jadi kami tidak paham.
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?

statistik, karena mudah dan hitung-hitungannya tidak rumit .
3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
gurunya selalu menerangkan dengan melihat LKS jadi kami tidak mengerti dengan apa yang disampaikan.gkan
4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
dibedakan, kalo ada yang gak ngerti gurunya bodo amat terserah mau ngerti atau nggak. Kalo yang pinter belajarnya diperhatiin kalo nanya dikasih tau kalo yang tidak pintar gak dikasih tu sama gurunya.

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
Cuma menerangkan biasa saja, selalu menerangkan apa yang ada di LKS

6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

nggak sih, Cuma kalo belajar kelompok kalo ada PR yang susah
7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?

ingin, tergantung gurunya kalau gurunya enak ingin mendalami tapi kalo gurunya gak enak gak ingin mendalami

8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?
Stabil

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
belum puas, karena ingin meningkatkan lagi nilai MTK supaya lebih tinggi lagi nilai MTK nya

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

ingin agar gurunya menjelaskan dengan memberitahu cara cepatagar kami lebih mudah memahami dan gurunya membahas materi dan lebih teliti mengajaarnya.









8.      Nama : Tri Oktaviani
Kelas : IX F
No
Pertanyaan
Jawaban

1
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
biasa aja, soalnya gurunya neranginnya gak jelas kadang dibaca sendiri kadang juga gak masuk akal
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?

peluang, karena soalnya beda rumusnya tetap sama beda dengan yang lain
3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
apabila gurunya menjelaskan tapi gak maksud apalagi kalu gurunya sudah mau pensiun. Kalu gurunya menerangkan dengan jelas kami gak kesulitan dengan materi yang disampaikan.

4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
tidak, kalau kelas 9 ini biasa saja siswa pintar dengan yang tidak sama aja
5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
kadang-kadang nyambung kadang tidak
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

kerja kelompok

7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?

ingin, karena dengan pintar MTK itu semua pelajaran kita akan mengerti. Dan jika kita pintar hitung-hitungan kita akan lebih mudah meneruskan misalnya kuliah.
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?
agak meningkat, tapi semenjak kelas 9 ini agak menurun sedikit karena kurang paham dengan materi kelas 9 karena gurunya juga.

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
puas, karena meningkat dan karena kerja kelompok nilainya meningkat 
10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

gurunya menerangkannya lebih jelas, tidak dia yang memberi soal dia juga yang menjawab.


9.      Nama : Rudi Apriyandi
Kelas: IX G
No
Pertanyaan
Jawaban

1
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
suka, karena MTK pelajarannya menghitung dan saya suka menghitung
2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?
statistic dan peluang, karena mudah dimengerti dan materi-materinya tidak sulit

3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
gurunya saat menjelaskan gak jelas suka diputer-puter jadi pusing
4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
ada, yang ditanya yang mengerti-mengerti saja yang tidak mengerti di biarkan saja gak dikasih perhatian gak dikasih soal gak suruh maju

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
menjelaskannya diputer-puter udah ngerti di ulang-ulangin lagi 
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

kerja kelompok
7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?

ingin, karena suka MTK
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?
ada peningkatan dari kelas 7-9

9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
belum, karena saya yakin saya bisa lebih tingkatin lagi.

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

mengajarnya jangan selalu monoton.




10.  Nama : Asshifa Mailani
Kelas : IX B



No
Pertanyaan
Jawaban

1
Apakah kamu menyukai pelajaran matematika ?
suka, karena dalam kehidupan sehari-hari digunakan

2.
Materi apa saja yang kamu sukai dalam pelajaran matematika ?
peluang dan teorema phytagoras karena pada materi bangunan menggunakan phytagoras
3.
Apa kesulitan dalam belajar matematika ?
kadang sulitnya saat materi nya jarang ketemu gitu, gurunya juga menjelaskannya ribet gak singkat
4.
Apakah ada perbedaan antara anak murid yang pintar matematika dengan yang tidak ?
gak ada sih semuanya sama

5.
Bagaimana guru matematika di kelas kamu dalam  menyampaikan pelajaran matematika ?
enak sih gurunya kalau menjelaskan lantang tegas
6.
Apakah ada alternative lain yang kamu pilih selain belajar MTK di sekolah ?

hanya kerja kelompok
7.

Apakah kau memiliki keinginan untuk mampu menguasai MTK ?

ingin, karena jika menguasai ilmu MTK kayaknya enak bisa ngitung ngitung dalam kehidupan sehari-hari gak gampang ditipu orang
8.
Bagaimana perkembangan nilai MTK kamu di sekolah ?
lumayan meningkat, Karena gurunya dalam menjelaskan mudah dipahami gak berbelit kadang kalo minta rumus singkat dikasih
9.
Apakah kamu sudah puas dengan hasil yang kamu capai ?
lumayan puas, tapi ingin meningkatkan lagi-lagi

10.
Apakah harapan kamu kedepannya untuk model pembelajaran seorang guru MTK dalam proses belajar mengajar ?

gurunya saat menjelaskan jangan cepet-cepet, kita dikasih point-point biar kita rebutan gitu.



























BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Prestasi belajar sebagai salah satu ukuran keberhasilan proses pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik eksternal maupun internal individu. Faktor intelegensi pada siswa, meskipun dalam tingkat rata-rata, ternyata tidak optimal jika tidak didukung oleh aspek kepribadian lingkungan.Siswa mempunyai tingkat kecerdasan yang kurang dan menunjukan prestasi belajar yang buruk karena adanya umpan balik yang tidak mendukung.
Guru pun memegang peran penting dalam menentukan hasil belajar siswa, terutama dalam pelajaran matematika guru yang diharapkan adalah guru yang aktif yang dapat membuat inovasi- inovasi baru agar siswa senang dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung.


B.     Saran
1. Adanya kerjasama antar guru wali kelas dan orang tua murid agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.
3. Guru Matematika harus bisa membuat inovasi- inovasi baru agar siswa senang dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung.
4. Adanya motivasi yang lebih dari guru dan orang tua terhadap anaknyamengenai pembelajaran matematika yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari.




                                                                                        LAMPIRAN 








DAFTAR PUSTAKA

Purwanto, M. Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Abin Syamsuddin. 1981 . Psikologi Kependidikan. Jakarta

1 komentar:

  1. wow infonya keren kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja. terimakasih

    BalasHapus